Kuliah tamu Program Studi Teknik Informatikan pada 28 Nopember 2019 memang luar biasa. Hadirnya Fauzi Yusuf, MBA, PMP, PMI-RMP, PMI-ACP, CSM,ITIL Intermediate, ISO21500 Lead Project Manager mampu menghipnotis seluruh peserta untuk tetap ditempat, tidak beranjak dari Auditorium Kampus III Universitas Widyagama Malang sampai seluruh acara berakhir. Termasuk peserta tamu dari Universitas Brawijaya Malang. Strategi Fauzi, narasumber yang memiliki keahlian Project & Program Management, Project/Program/Portfolio Management Office (PMO), Agile Methodology, Scrum Framework, Business Development, Marketing Management dan IT & Telco Service Management ini tidak hanya mengantarkan materi melalui ceramah dan diskusi saja, tetapi melalui sebuah permainan.

Mengingat peserta kuliah tamu adalah mahasiswa dari berbagai tingkatan, Project Management Consulting dan Axelos Aproved Trainer ini juga memberikan materi melalui permainan yang cukup menantang. Permainan ini bertujuan memberikan pemahaman filosofis terhadap prinsip manajemen proyek untuk mencapai value yang optimal.

Peserta dibagi atas kelompok-kelompok dan diberikan tantangan untuk membuat 20 pesawat dari 10 lembar kertas. Setiap kelompok diminta berkolaborasi membuat produk pesawat hanya dengan kesempatan satu kali lipatan untuk tiap anggota secara bergantian dengan waktu yang telah ditentukan. Ini yang membuat pertemuan ilmiah siang hari itu menjadi seru. Tantangan terakhir, produk yang dihasilkan harus diuji dengan diterbangkan satu per satu dari jarak yang telah ditentukan. Pesawat yang dibuat akan diakui kualitasnya jika dapat terbang mencapai batas tertentu.

Tantangan pada Kuliah Tamu bertajuk Kerangka Kerja Manajemen Layanan TI (ITSM) berbasis Information Technology Infrastructure Library versi 4 (ITIL 4) ini disambut antusias oleh anak didik Dr. Istiadi, ST, MT ini. Tiap kelompok dengan semangat dan riang menjalankan proyeknya. Kemeriahan memuncak ketika sampai pada tahap uji menerbangkan pesawat masing-masing. Peserta memberikan sorak sorai ketika pesawat diterbangkan, baik ketika berhasil maupun ketika gagal. Diakhir permainan dilakukan pengumuman pemenang terhadap tantangan proyek yang diberikan. Menutup permainan dilakukan penyimpulan terhadap proyek yang telah dilakukan bersama yang dipandu oleh moderator Istiadi. (san/pip/red:rh)